Dokter Obat adalah Website Kesehatan yang Selalu berhati hati dalam menuliskan tiap tiap Artikel Kesehatan yang didapatkan.

Senin, 18 Desember 2017

15+ Manfaat Vitamin C ( asam askorbat ) yang Jarang Diketahui

Taukah Sobat Dokter-obat bahwa sangat banyak manfaat vitamin C yang jarang diketahui oleh Masayarakat indonesia ?

Manfaat vitamin C sungguh banyak dan menakjubkan, mulai dari pengobatan flu, pengobatan luka / Kudis, mengobati Asma, hingga Kanker .

Seperti yang kita tau, bahwa Vitamin C adalah salah satu vitamin yang larut dengan air, itu sebabnya ia sering dijadikan minuman botol ataupun pil yang dapat dicampur dengan air.

Vitamin C atau asam askorbat adalah salah satu nutrisi yang paling efektif dan paling aman.vitamin yang memiliki antioksidan kuat dalam sintesis kolagen ini, dapat membantu membuat pembuluh darah dan otot tubuh menjadi  kuat. Tubuh manusia tidak memiliki kapasitas untuk menghasilkan vitamin C. Oleh karena itu, perlu diterima melalui makanan dan suplemen lainnya.



Vitamin C

 
Sumber Penting Vitamin C

Sumber penting vitamin C adalah buah seperti jeruk , lemon dan anggur . Stroberi , raspberry , kubis , kembang kol , sayuran berdaun lainnya, paprika merah, kentang , brokoli , cabai, selada air , peterseli , kubis brussels, dan buah kiwi juga kaya sumber vitamin ini. Jika makanan tersebut ingin dimasak, maka masaklah pada suhu yg rendah dan waktu yang singkat, karena untuk menjaga agar menjaga kandungan vitamin C tetap awet dan tidak hilang (berkurang).

Manfaat Vitamin C untuk Kesehatan

 Manfaat kesehatan dari antioksidan yang menakjubkan ini dijelaskan secara rinci di bawah ini:

Mencegah penyakit kudis

Gejala kudis muncul karena melemahnya jaringan ikat, tulang, dan pembuluh darah yang meliputi kolagen. Vitamin C, antioksidan kuat, diperlukan untuk produksi kolagen.

Mengobati kebiasaan Kedinginan
Vitamin C meningkatkan sistem kekebalan tubuh kita, yang melindungi kita dari batuk dan pilek. hal ini membuat penyerapan zat besi lebih cepat dan, oleh karena itu, ia  memperkuat daya tahan tubuh terhadap infeksi. Dan juga melawan virus.

Menurunkan Hipertensi
Orang dengan hipertensi berisiko tinggi terkena penyakit kardiovaskular. Asupan vitamin C membantu menurunkan tekanan darah tubuh.

Menyembuhkan Racun timah

Toksisitas timah adalah masalah kesehatan yang parah yang banyak ditemukan pada anak-anak, terutama di daerah perkotaan. Perkembangan dan pertumbuhan abnormal telah ditemukan pada beberapa anak yang terpapar timbal. Mereka mengembangkan masalah perilaku, ketidakmampuan belajar, dan juga cenderung memiliki IQ rendah. Ini dapat merusak ginjal dan meningkatkan tekanan darah pada orang dewasa. Suplemen vitamin C bisa menurunkan kadar timbal dalam darah.

Menyembuhkan Katarak (Eye Disorder)

Katarak adalah kondisi yang paling umum dari masalah visual. Penurunan kadar vitamin C pada lensa mata manusia telah ditemukan lebih umum saat katarak hadir. Asupan asam askorbat yang berlebihan meningkatkan suplai darah ke area okular tubuh.

Mengobati Kanker

Periset telah menemukan bahwa konsumsi sayuran segar dan buah segar memiliki kaitan dengan risiko yang diminimalkan untuk berbagai jenis kanker. Studi juga menunjukkan bahwa peningkatan konsumsi vitamin C berhubungan dengan penurunan kemungkinan kanker paru-paru, mulut, pita suara, tenggorokan, usus besar, rektum, perut, dan kerongkongan.
Memerangi Stroke

Vitamin C membantu mengurangi risiko stroke, sejenis penyakit kardiovaskular. Diet yang penuh dengan sayuran dan buah-buahan memasok sejumlah vitamin ini, yang menjaga tingkat tekanan darah yang sesuai. Ini juga melindungi tubuh dari radikal bebas yang bisa menjadi alasan terjadinya stroke.

Meningkatkan Mood

Vitamin C memainkan peran kunci dalam produksi neurotransmiter seperti norepinephrine. Mereka mempengaruhi mood seseorang dan sangat penting bagi berfungsinya otak.

Meningkatkan Imunitas

Kekebalan adalah manfaat penting lain dari vitamin ini. Vitamin C dikenal luas karena kontribusinya terhadap sistem kekebalan tubuh dan rangsangan pembuluh darah putih di tubuh.
Memperbaiki Luka

Vitamin C membantu memperbaiki luka. Ini membuat pertumbuhan jaringan ikat, yang mempercepat proses penyembuhan luka.

Kontrol Asma

Vitamin C ( Asam askorbat ) membantu mengurangi gejala asma. Ini membantu melindungi dari efek berbahaya dari polusi di tubuh manusia, yang sering berakibat pada gejala seperti asma.

Menyembuhkan Diabetes

Salah satu alasan utama diabetes , seperti yang ditemukan oleh berbagai penelitian, adalah tingkat rendah asam askorbat. Suplemen vitamin C bermanfaat sebagai obat untuk diabetes, karena membantu dalam proses insulin dan glukosa.

Mengobati Vasodilatasi

Pengobatan dengan vitamin C telah secara efektif menghasilkan pelebaran pembuluh darah yang tepat dalam kasus aterosklerosis , gagal jantung kongestif, kolesterol tinggi, angina pektoris, dan tekanan darah tinggi. Hasil telah menemukan bahwa suplemen vitamin ini memperbaiki pelebaran pembuluh darah dan melindungi kesehatan kardiovaskular.

Mencegah Penyakit Jantung

Sejumlah asam askorbat yang memadai sangat penting untuk melindungi pembuluh darah dari kerusakan yang dapat menyebabkan radikal bebas. Ini bisa menjadi penyebab utama penyakit jantung yang disebut aterosklerosis. Vitamin C berperan sebagai agen pencegahan penyakit jantung ini, serta berbagai masalah jantung lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar